Translate it

Kamis, 03 September 2015

Yuk beli kendaraan dengan cara Off The Road
Oleh : Muhammad Walid Rofiuddin
Bagaimana proses pengurusan STNK dan BPKB sendiri, dan apa saja keuntungan dan kerugiannya.

Hai teman sekalian, apa kabar kalian semua. Semoga baik baik saja yah.
Kali ini saya akan berbagi sebuah info yang tau penting atau tidaknya tergantung pada Anda semua.

Yah sesuai dengan judul yang mungkin sudah kalian baca, ini berhubungan dengan surat meneyurat
-_-. Surat surat kendaraan bermotor. Yak bagaimana sih tata cara pengurusannya ? bagaiman sih prosesnya hingga BPKB dan STNK beserta Plat nomornya ada? Kan biasanya kita terima jadi nih dari dealer. Kita beli motor entah itu kredit atau cash yaaa kan?.

Dan mulai dari dealernya dulu disini ada 2 cara pembayaran yaitu Cash (Tunai langsung di bayar penuh ke dealer) atau Kredit (di bayar secara bertahap). Selain ada dua cara pembayaran tersebut ada juga dua proses pembelian kendaraan bermotor. Yaitu On The Road (yah anda yang belum tahu pasti, sering tahu di iklan singkatan OTR). Dimana segela pengurusan di urus oleh dealer, menurut pemahaman saya sih, yah pengurusan STNK dan BPKB.
Nah yang satunya adalah Off The Road, dimana kita membeli hanya dengan membayar harga kendaraan kita. BPKB dan STNK serta Plat kita urus sendiri dengan harga yang pasti lebih murah dari harga On The Road.

Ok. Saya bagikan proses perjalanan cerita saya.
Nah saya berminat untuk memberli Unit kendaraan yang berlambangkan Garpu tala (bener gak gitu tulisannya sih?) alias Yamaha. Tipe Jupiter Z1. Nah saya jalan (naik motor maksudnya) dari satu dealer ke dealer lain untuk membandingkan apakah harga dari setiap dealer sama atau berbeda. Ternyata berbeda-beda. Eits jangan lupa ya tanya juga “di dealer ini bisa melakukan pembelian secara Off The  Road tidak ?” nah kalau bisa lanjut tanya-tanya harga. Kalau tidak bisa off the road kalian pindah dealer saja. Awalnya saya agak takut untuk membeli Cash karena apa, di dunia maya banyak yang berkata jika pembelian secara Tunai akan dipersulit. Tapi syukur tidak. Nah usahakan kalau mau beli off the road pada saat tutup periode penjualan. yah pas penutupan targetnya biar dipermudah.

Setelah berputar-putar mencari dealer dengan harga terbaik, yah akhirnya saya memilih dealer di dekat rumah saya saja hehehe. Nah saya di tunjukkan harga On ther Road unit Jupiter Z1 senilai Rp 16.900.000 (harga bulan juli 2015) dan Harga Off The Road Rp 13.600.000. nah disini sudah nampak kan selisih harganya ? ada selisih Rp 3.600.000 kan kawan? Nah setelah saya nego akhirnya saya terima harga Off  The Road Rp 13.300.000. setelah data diri saya di catat saya langsung menuju ke ATM untuk mentransfer uangnya. Nah saya beli pada jam 13.00 WIB dan di janjikan tiba jam 15.00 unit JZ1-nya. Dan ternyata unitnya tiba pada jam 20.00 WIB. Yah namanya juga sales. Selalu mengobral janji hehehe. Bercanda buat yang profesi Sales atau Marketing jangan di masukin hati. Sebelumnya saya sudah menanyakan berkasnya selesai kapan? Karena mendekati hari raya jadi prosesnya sesudah hari raya. Jadi tanggal 13-07-2015 sampai 23-07-2015 kendaraan saya belum bisa saya urus STNK dan BPKBnya. Yah jadi hanya bisa di pakai di seputaran rumah saya saja.
Berkas apa saja sih yang di butuhkan untuk mengurus BPKB dan STNK sendiri tanpa menggunakan jasa orang ke 3?

Yah semua berkas dari dealer lah.
Yaitu :
-          Faktur (Gambar di Bawah)
-          NIK (Gambar di Bawah)
-          Surat keterangan pembelian bila perlu (ini minta di dealer pasti di kasih)
-          Di tambah Fotocopy KTP
-          Surat kuasa jika anda mengurus bukan atas nama anda
 Semua di copy 4 kali. 5 juga boleh.

Nah berikut Proses pembuatannya (ini saya jalani di hari Jumat tanggal 24-07-2015)

Pertama :
Pergilah ke Samsat terdekat di kota anda, lalu anda masuk dan parkir saja di tempat yang ada tulisan “ Cek Phisik Kendaraan Bermotor” kalau tidak salah tulisannya seperti itu.

Lalu, anda ke koperasi yang ada di dalam samsat tersebut untuk membeli MAP untuk kendaraan Bermotor Roda 2, katakan saja seperti itu di penjaga koperasi, ingat di sini sangat Antri sekali. Nah ketika sudah memperoleh  MAP yang di butuhkan, segera ke petugas. Atau tanya orang yang ada di koperasi “tempat untuk meminta formulir untuk pendaftaran kendaraan baru dimana?” nanti anda akan di tunjukkan di sebelah mana karena tiap bangunan di daerah Anda pasti berbeda, nah di sana anda akan di beri Formulir, dan kertas gesekan (buat nomor mesin dan nomor rangka). Saya tidak mengisi formulir itu sih, soalnya gak di suruh ngisi kemarin. Nah disini kita terkena biaya Formulir Rp 30.000.

Selanjutnya anda silahkan kembali ke tempat di mana anda memarkir kendaraan untuk cek fisik tadi, sebenarnya menurut UU yang berlaku, semua harus di cek (Roda, kelistrika, lampu dll), tapi yang saya lihat hanya penggesekan Nomor mesin dan Nomor Rangka saja. Nah disini saya memberikan uang kepada si bapak yang ngecek Rp. 10.000 kasihan soalnya, kasih Rp 2000 saja tak apa sebenernya.

Lalu anda kembali ke tempat anda mengambil Formulir untuk cek Phisik tadi dan menyerahkan berkas. Selanjutnya anda di arahkan ke Polres kota anda.

Ke dua :
Setibanya di Polres, anda tanya ke pos penjagaan, “Pak untuk pengurusan kendaraan baru di sebelah mana ya?” nanti akan di tunjukkan. Siapkan semua berkas pastikan lengkap yaa. Semua di Copy 4/ 5.
Nah di sana anda akan di minta membayar ke BANK BRI yang ada di dalam Polres, di Sidoarjo Bank BRI tidak tahu untuk daerah lain apakah sama. Nah di sana dikenakan Biaya pembuatan BPKB Rp. 80.000. saya awalnya bingung, ramai banget, nah ada satu loket kosong lalu saya tanya, “Bu untuk pembayaran BPKB kendaraan baru dimana?” dan Ibu itu menjawab "Disini Pak"  bukan Ibu sih tapi Mbak dan cantik hehehe.

Sesudah dari Bank BRI saya masuk ke bagian Kendaraan dan Lalu lintas  kalau tidak salah. Naik ke lantai 2 pintu pertama (tergantung pada bangunan di daerah masing masing loh ya, di Sidoarjo Jawa Timur sih gitu). Awalnya saya masuk ke sana. Tapi di arahkan ke ibunya. Nah di ibunya saya menyerah kan beberapa Copy dari berkas. Dan lalu di beri Formulir oleh ibunya dan di isi lengkap.

Setelah itu saya ke pintu pertama dekat tangga ke bagian pengumpulan berkasnya. Nah tidak lama sih nama saya di panggil dan sudah dapat Nopol kendaraan saya dan BPKB. Wow BPKB sudah jadi ya, pada saat bikin ini seharusnya BPKB jadi antara 5 – 6 Bulan jika di uruskan Dealer atau Beli On The Road. dan ketika di sinilah anda bisa request nomor plat yang cantik, tapi dengan tambahan biaya yang tidak sedikit.

Disini saya habiskan waktu 2 jam 30 menitan lah sekalian sama muter-muternya tadi. Lalu anda kembali ke Samsat tadi tempat gesek gesek.

Ke tiga.
Nah saya datang pada hari jumat, jadi samsat hanya sampai jam 11.00. padahal sebelumnya jam 11.30 masih melayani. Saya terpaksa balik esok hari.
Ke esokan harinya saya datang.




Saya datang jam 8.00 WIB dan langsung menuju loket 1 untuk pengumpulan dokumen, tak lama kemudian nama saya di panggil untuk membayar beberapa Hal di kasir.

BBN KB
                                                                         1.240.000
PKB
                                                                             186.000
SWDKLJJ
                                                                  35.000
Jumlah
                                                                         1.461.000

Semua saya bayar, dan saya memperoleh bukti Pembayaran Pajaknya, lalu saya ke loket satunya untuk melakukan pembayaran STNK Rp 50.000   dan Pembuatan Plat Nomer (TNKB)  Rp 30.000. ingat jangan langsung pindah loket ya. Antri looh.
Lalu saya ke tempat pencetakan Plat dan menyerahkan Berkas dan STNK. Disini tidak sampai 1 jam setengah.

Nah sekarang mari kita jumlah biayanya dari Awal bersama biaya yang lain.

Pembelian Off The Road
Pengeluaran
Nominal
Di Samsat

Parkir Samsat (2x)
 Rp  4.000
Beli air Minum
 Rp  3.000
BBM
 Rp  20.000
Beli MAP dan Plastik STNK
 Rp  3.000
Beli Formulir Kendaraan Baru
 Rp  30.000
Kasih uang tukang Gesek
 Rp  10.000
Biaya PKB
 Rp  1.461.000
Cetak STNK dan TNKB
 Rp  80.000
Di Polres

Parkir Polres
 Rp  2.000
Biaya pembuatan BPKB
 Rp  80.000
Jumlah
 Rp 1.693.000
Pembelian Motor
 Rp 13.300.000
Total Pembelian dan Pengurusan
 Rp 14.993.000

Dan...
Kita Jumlah Selisihnya..
On The Road
Rp16.900.000
Off The Road
Rp14.993.000
Selisih
Rp1.907.000

Nah bisa di liat bukan berapa selisihnya ?
lumayankan bisa buat beli helm yang agak kerenan dikit hahah
dan ini Unit yang saya beli hehehe



Keuntungan :
1.       BPKB dan STNK bisa jadi Lebih Cepat.
2.       Kita dapat pengalaman baru.
3.       Kita bisa hemat banyak uang.


Kerugian :
1.       Kita harus siapkan waktu luang seharian dan saya sarankan untuk mengurusnya di hari Senin-Kamis ya. biar sehari langsung jadi dan motor bisa keluar kota dan aman jaya heheh.

Sekedar Info :
Setelah saya tanya dealer sana dan sini, dealer Honda maksudnya.
Mereka tidak memberikan izin pengurusan Off the road katanya, dengan alasan ini dan itu. padahal masih bisa. Kalau Yamaha pembelian Off The Road masih di layani.
dan selisih pembelian off the road di Honda dan di tambah pengurusan sendiri, jatuhnya sama seperti beli On The Road.
saya jadi bingung.. hehehe

Tapi berdasarkan keterangan akun dengan Nama : Bursa Soko "wah,, asik dapat pengalaman baru tgl 5 september kemarin aku datang ke samsat tuban, langsung bagian cek fisik setelah itu ke pendaftaran dari samsat meluncur ke polres kena biaya 80rb bayar di BRI untuk pembuatan BPKB, kembali ke SAMSAT nunggu 20 menit bayar 1.645.000 dan stnk bayar 130.000 langsung jadi STNK, keluar nunggu 10 menit untuk cetak PLAT NOMER,, untuk sepeda VARIO 150 exklusif, thank"

Honda memperbolehkan Off The Road 

tapi gak tahu kalau di daerah agan, share di kolom komen supaya yang lain pada tahu ya hehehe.
Faktur kendaraan

NIK

Kwitansi

sekian dulu ya sharing dari mas Walid, semoga bermanfaat ya teman sekalian.
 

Tags:

berita tips trik apakah bagaimana sih seperti apa saja tata urutan proses cara koleksi kumpulan cara tips syarat trik proses untuk mengurus surat kendaraan kosongan atau off the road yang mudah kelebihan dan kekurangan mengurus kendaraan secara off the road atau harga kosongan off the road motor yamaha honda suzuki jupiter z mx king vixion cbr 150 250 1000 Satria Kawasai Ninja yang terbaru 2015 2016 2017 2018. tata cara pembelian kendaraan pengurusan kendaraan tanpa jasa calo biro orang lain jasa atau dan tanpa bantuan dealer cara tips agar kita bisa membeli kendaraan bermotor lebih mudah dan murah cara cepat mengurus BPKB sehari jadi dan STNK serta Plat Motor yang paling cepat sehari jadi tanpa bantuan calo dan biro jasa Surabaya Sidoarjo Blitar Jakarta Bandung Bogor Bekasi Depok Majalengka Cimahi Yogyakarta Jogja. yang terbaru sangat baru paling baru dan yang mudah sangat mudah termudah dan berhasil tidak sulit yang terbaik paling baik sangat baik.


0 komentar:

Semoga Blog sederhana saya ini bisa berguna bagi pembaca semua...

Adf.ly

hanya berbagi yang saya dapatkan dan cari. Diberdayakan oleh Blogger.

Update